Ringkasan Khotbah
Tanggal : 5 April 2020
Pembicara : Pdt. Bondan Abraham
Ayat Pokok : Efesus 4:16
Tema : Ciri-ciri Orang yang Lahir dari Allah
Link : https://youtu.be/zzbDWswj9m8

Tubuh Kristrus terdiri dari :
• Kepala yang adalah Kristus sendiri
• Tubuh adalah jemaat Tuhan, yang diperoleh dengan darah, yang percaya dan menerima diri dibaptis
• Jemaat Tuhan memiliki karakteristik Kristus, yaitu penuh Firman Tuhan dan Roh Kudus

Tubuh Kristus yang hidup adalah keturunan Allah yang merupakan ciptaan baru dan taat kepada Allah dan lahir dari Allah yaitu dari Air (baptisan air) dan Roh yang ajaib.

Sebelum seseorang percaya, ia bukan tubuh Kristus. Ketika ia percaya dan dibaptis, tubuh lama nya mati dan ia lahir baru menjadi tubuh Kristus yang hidup. Status ini harus dijaga seumur hidup agar tetap hidup

(Kis 2: 38; Roma 3:24) Saat kita dibaptis, dosa kita diampuni dan kita dibenarkan dengan cuma-cuma. (Roma 8:15) Setelah kita dinyatakan benar, kita diangkat menjadi Anak-anak Allah. Sebagai Anak-anak Allah, kita diberikan meterai, yaitu Roh Kudus sehingga kita dapat memanggil ya Allah ya Bapa. (Ibr 13:12) Setelah itu kita dikuduskanNya.

Walaupun dosa kita telah diampuni dan kita telah dibenarkan dan dikuduskan, kita masih hidup di dunia ini. Agar kita tetap kudus, kita harus menjalani hidup kita sebagai orang yang memiliki status-status tersebut.

Ciri-ciri dari orang yang lahir dari Allah :
1. Berbuat kebenaran (1 Yoh 2:29); dan
2. Tidak berbuat dosa lagi (1 Yoh 2:9)

Kedua syarat itu harus dipenuhi keduanya, tidak bisa hanya salah satu.

3. Mengasihi (1 Yoh 4:7, 1 Yoh 5:1)
Yaitu mengasihi Allah dan juga semua yang lahir dari Allah, yaitu Yesus dan sesama Tubuh Kristus

4. (1 Yoh 5:4) Bila kita telah memenuhi ketiga syarat tersebut, maka kita dapat mengalahkan dunia. Karena dengan melakukan ketiga syarat di atas, kita sadar bahwa perintah Allah tidaklah berat (1 Yoh 5:1).

Agar kita tidak berbuat dosa lagi, kita harus tinggal di dalam Kristus seperti kita berjalan bergandengan tangan dengan orang yang kita kasihi yang akan saling mengawasi dan saling mengingatkan (1 Yoh 3:6)

Agar kita mengetahui yang benar dan dari Allah, kita harus penuh Roh Kudus (1 Kor 2:11). Allah menyampaikan firmanNya kepada Anak dan Anak meneruskannya (1 Yoh 12:49). Anak akan memerintahkan Roh Kudus untuk menyempaikannya kepada Tubuh Kristus (1 Yoh 16:13). Roh Kudus akan memberitakan kepada Tubuh Kristus perintah Allah (1 Kor 2:13). Jadi agar kita mengetahui perintah yang benar dari Allah, kita harus penuh Roh Kudus.

Agar kita tinggal di dalam kasih, kita harus melakukan perintah Allah (Yoh 15:10)

Marilah kita berlaku seperti tubuh Kristus yang hidup. Dengan berbuat kebenaran, tidak berbuat dosa lagi, hidup mengasihi dan mengalahkan dunia, kita akan tetap menjadi Tubuh Kristus yang Hidup.

Amin, Tuhan Yesus memberkati.