Ringkasan Khotbah Ibadah Raya
Tanggal : 6 November 2022
Pembicara : Pdt. Kornelius Abraham
Tema : Di Atas Rata-Rata 3
Ayat Pokok : Kej 18:19
Link : https://youtu.be/L6CadPw1JeM

(Kel 3:6) Allah berfirman kepada Musa bahwa Ia adalah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub

(Kej 18:19) Kepada Abraham, Allah menyatakan bahwa ia telah memilih Abraham, agar diperintahkannya kepada anak dan keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditetapkan Tuhan dan supaya Tuhan memenuhi janjinya kepada Abraham (Kej 12:1-3)

(Kej 14:18-20) Persepuluhan pertama kali dilakukan oleh Abram kepada Melkisedek, sebelum jaman Taurat.

(Kej 26:1-6,12-14) Kepada Ishak, Allah memerintahkannya untuk tinggal di negeri orang asing. Allah kembali menyatakan janjinya kepada Ishak seperti yang juga dijanjikan kepada Abraham, karena Abraham telah taat kepada jalan Tuhan. Dan Ishak mengikuti teladan Abraham dan ia diberkati Allah.

(Kej 28:10-22) Yakub bernazar Ia akan selalu memberikan sepersepuluh dari segala yang diberikan Allah kepadanya. (Mal 3:11-12) Allah akan menghardik belalang pelahap yang menghabiskan hasil tahahmu. Namun Allah pun akan menghardik kamu yang menipu Allah dengan tidak mengembalikan milikNya

(Hakim 6:1-6) Orang Midian datang kepada bangsa Israel seperti belalang, dan menghabiskan semua bahan makanan di Israel dan membuat bangsa Israel melarat.

(Kej 35:1-7) Ketika Allah memerintahkan Yakub untuk kembali ke Betel, Yakub menyuruh pengikutnya untuk menjauhkan dewa-dewa asing, mentahirkan diri mereka dan menukar pakaian mereka. Yakub dan anak-anaknya diselamatkan dari kejaran musuh. Saat tiba di Betel, Yakub menamai tempat itu El-Betel, yang berarti Allah di rumah Allah.

(Gal 3:13-14) Kristus telah menjadi kutuk karena dosa kita. Karena salib Kristus, janji Allah kepada Abraham, Ishak dan Yakub sampai kepada kita. (Gal 3:25-29)

(Mat 22:32) Tuhan adalah Allah orang hidup, bukan orang mati. Penjanjiannya kekal dan tidak lekang oleh waktu. Walaupun Abraham, Ishak dan Yakub telah mati, janji Allah terus berlaku bagi kita yang hidup menurut ketetapan-ketetapan Allah.

(Yoh 12:1-6) Maria menghabiskan seluruh tabungannya untuk memuliakan Yesus. Ia melakukan hal di atas rata-rata. Namun setiap kali ada orang yang memuliakan Tuhan, selalu ada orang yang protes, demi kepentingannya sendiri. Yudas menjadi pencuri ( Klepto ) melakukan berulang-ulang mencuri milik Tuhan, berhitungan dgn Tuhan dalam kebutuhan pekerjaan Tuhan, tidak menerima Firman Tuhan seutuhnya.

(Markus 12:41-44) Saat kita memberi, Allah akan melihat hati kita, yang lebih penting dari jumlah pemberian kita.

(Luk 7:1-5) Seorang perwira di Kapernaum peduli dengan rumah Tuhan dan juga peduli kepada hambanya yang merupakan orang Israel. Perilaku perwira ini di atas rata-rata. (Mat 8:5-13) Perwira yang sama juga memiliki iman di atas rata-rata iman yang dimiliki oleh bangsa Israel. Yesus berkata banyak orang yang makan sehidangan dengan Abraham, Ishak dan Yakub namun banyak anak kerajaan yang dicampakkan ke kegelapan yang paling gelap.

Marilah kita menjaga agar tetap berjalan di bawah ketetapan Allah dan mengajarkannya berulang-ulang kepada anak dan keturunan kita. Sehingga kita berhak menerima janji Allah yang diberikanNya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan makan sehidangan denganNya di pesta pernikahan anak domba Allah.

Amin, Tuhan Yesus memberkati.