Ringkasan Khotbah Ibadah Online
Tanggal : 31 Mei 2020
Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Kis 1:6-8
Link : https://youtu.be/Hm5Y8VXpfyc

(Kis 1:6-8) Ketika murid-murid bersukacita bersama Yesus yang telah bangkit, pandangan mereka belum berubah. Mereka tetap berharap Yesus memulihkan kerajaan Israel. Yesus mengatakan bahwa pemulihan memang akan terjadi, namun bukan hanya untuk kerajaan Israel tetapi pemulihan kerajaan Allah, yaitu pemulihan atas kuasa (Dunamis). Kuasa / Dunamis merupakan goal dari pencurahan Roh Kudus.

(Luk 24:49) Yesus akan mengirimkan apa yang dijanjikan Bapa kepada para muridNya, yaitu Roh Kudus. Selain Roh Kudus, mereka juga akan dilengkapi oleh kuasa / dunamis. (Kis 1:4-5)

(Kis 2:1-4) Janji itu digenapi di atas loteng. Mereka dipenuhkan oleh Roh Kudus dan berbicara dalam bahasa-bahasa asing, seperti yang diperintahkan Roh Kudus kepada mereka, bukan diajarkan oleh orang lain (Yoel 2:28-29)

(Kis 5:15-16) Penuangan Roh Kudus yang pertama begitu dahsyat. Para murid diperlengkapi oleh kuasa / dunamis dari tempat yang lebih tinggi. Hanya dengan bayangan Petrus, orang-orang sakit disembuhkan. (Kis 19:12) Sapu tangan Paulus juga dapat menyembuhkan orang sakit.

(Yoel 1:2-5) Pada tahun 835-830 SM Yoel sudah menubuatkan akan terjadi bahwa Firman dan Roh Kudus akan berkurang kuasanya, dan tidak seperti zaman gereja mula-mula. Anak-anak Tuhan akan dipermalukan. Namun Allah menjanjikan pemulihan (Yoel 2:23-27)

(Kis 2:17-18) Pada hari-hari terakhir, Allah akan memulihkan kuasa Roh Kudus. Pemulihan hujan awal, ditambah hujan pada akhir musim (hujan dua kali ganda). KuasaNya akan lebih dahsyat dari zaman gereja mula-mula. Saat ini belum terjadi, tapi kita menuju ke sana.

(Kis 5:3-5) Di tengah kuasa Roh Kudus di gereja mula-mula, Ananias dan Safira turut serta, namun mereka berdua bersepakat untuk mendustai Allah. Akhirnya mereka berdua dihukum dan mati seketika. Di hari-hari terakhir kita harus berhati-hati agar tidak mendustai Allah dan mendapatkan murka Allah yang lebih dahsyat dari zaman gereja mula-mula.

(Yoel 2:25-27) Pemulihan Allah akan membuat umat Allah tidak lagi dipermalukan. (Yoel 2:12-13) Untuk mendapat bagian dalam pemulihan tersebut, kita harus bertobat sungguh-sungguh dan sungguh-sungguh mencari Tuhan.

(Yak 5:7-11) Janganlah kamu bersungut-sungut dan saling menyalahkan. Tapi marilah kita bergandeng tangan untuk menyongsong pemulihan tersebut. Biarlah kita seperti Ayub, yang dipulihkan setelah ia mengalami sendiri kasih karunia Allah dan berdoa untuk sahabat-sahabatnya. Kita bertobat dan mengoyakkan hati kita, bukan jubah kita. Bukan untuk dilihat orang, tapi agar kita mengalami sendiri kedahsyatan kuasa Tuhan.

Amin, Tuhan Yesus memberkati.