Ringkasan Khotbah Ibadah Online
Tanggal : 4 April 2021
Pembicara : Pdt. Kornelius Abraham
Ayat Pokok : Mat 28:1-10
Link : https://youtu.be/DnzZXXKciFk

(Mat 28:1-10) Yesus bangkit, kuburNya kosong. Kebangkitan Yesus mengubah ketakutan para wanita yang menunggui kuburNya menjadi sukacita. Yesus kemudian meneguhkan sukacita mereka dengan memberi salam damai sejahtera bagi mereka. Hari-hari ini ada berkat sukacita yang besar yang Tuhan sediakan bagi kita dan Yesus meneguhkan suka cita itu.

(Rut 1:16-17) Setelah pindah ke Moab, Naomi ditimpa berbagai kemalangan. Dalam keadaan terpuruk, kata-kata Rut yang berkeras untuk mengikutinya pulang ke Betlehem menguatkan hatinya. Perkataan Rut membuat Naomi menyadari bahwa ia tidak sendiri. Masih ada Allah yang sanggup mengubah segala sesuatu. Saat kita terpuruk, ingatlah bahwa kita tidak sendiri. Bila kita mau bangkit, ada Allah yang sanggup untuk mengubah segala sesuatu.

(Rut 4:13-17) Kondisi Naomi ikut dipulihkan setelah ketika Rut ditebus dan diperistri oleh Boas. Kita semua telah diberikan Penebus yang hidup. Yesus telah mati dan bangkit menebus dosa kita. Dialah yang akan memulihkan kita dan memberkati dengan berkat sukacita.

(Ayub 3:24-26) Saat Ayub terpuruk, ia tidak lagi mendapat harapan dan ketenangan. (Ayub 17:1,11) Ia tidak lagi memiliki pengharapan dan semangat hidup. Ia yang telah lanjut usia, merasa rencananya semua gagal.

(Ayub 42:1-6) Akhirnya yang bisa mengubah keadaan Ayub adalah dirinya sendiri. Ayub menyadari telah salah menilai Allah. (Ayub 42:12-17) Ayub kemudian menyesal dan mencabut perkataan-perkataannya. Allah kemudian memulihkan keadaan Ayub.

(Yoh 21:1-3) Petrus kembali menjala ikan setelah Yesus disalibkan. Namun ia mengalami kegagalan. Kemudian setelah ia dipanggil kembali dan dipenuhkan Roh Kudus, ia menyadari bahwa kebangkitan Yesus telah melahirkannya kembali dan memberinya hidup yang penuh pengharapan (1 Pet 1:3)

(Yoh 20:19-21) Yesus memberkati murid-muridNya dengan damai sejahtera. Ia memulihkan kondisi murid-muridNya yang sedang terpuruk setelah Yesus disalibkan. Ia mengubah ketakutan murid-muridNya menjadi sukacita. Yesus mengembalikan rancangan Allah yang berupa hari depan yang penuh pengharapan.

Allah tidak merancangkan malapetaka bagi Naomi. Namun ia dipulihkan setelah Rut ditebus oleh Boas. Allah juga tidak merancangkan malapetaka bagi Ayub. Allah kemudian memulihkan keadaan Ayub. Marilah kita semua menerima damai sejahtera yang disediakan Allah bagi kita. Ia sanggup memulihkan keadaan kita.

Amin, Tuhan Yesus memberkati.