Ringkasan Khotbah Ibadah Online
Tanggal : 25 April 2021
Pembicara : Pdt. Bondan Abraham
Tema : Bertahan Sampai pada Kesudahan
Ayat Pokok : Mat 24:3-14
Link : https://youtu.be/pFRH-lkSGvU

(Mat 24:3-14) Tanda-tanda menjelang kedatangan Yesus kedua kali :

  1. Peristiwa yang terjadi di dalam Gereja
    • Penyesatan
    • Aniaya, Disiksa, Dibunuh, Dibenci karena nama Tuhan
    • Kemurtadan
    • Bertambahnya kedurhakaan
    • Pemberitaan injil
    • Anti Kristus duduk di bait Allah
  2. Peristiwa-peristiwa politik : Perang dan kabar perang
  3. Peristiwa alam
    • Kelaparan
    • Gempa bumi
  4. Peristiwa yang terjadi di dunia : Orang makan minum dan kawin mengawinkan

Penyesatan

(Mat 24:4) Dalam bahasa aslinya, Penyesatan memiliki arti : orang berkeliaran, mencari dan mencoba-coba sesuatu yang baru untuk menyenangkan kedagingannya, dan mereka tersesat.

Kata sesat dalam Mat 18:12-13 menggunakan kata yang sama dengan Mat 24:4. Menggambarkan domba yang hilang karena tidak dapat kembali setelah tersesat saat pergi ke tempat baru yang menarik baginya.

(Kej 34:1) Dina melihat para perempuan di suatu negeri hidup bersuka cita dan menikmati hidup mereka. Hal itu menarik bagi Dina sehingga ia berkeliaran di negeri itu. Akan ada orang-orang yang mencoba-coba melakukan hal-hal di luar firman Tuhan, karena melihat hal yang baik kelihatannya di luar sana. Pada akhirnya mereka tersesat karena rasa penasaran mereka.

Arti penyesatan lainnya ialah : Dipimpin ke arah yang salah, sehingga anak-anak Tuhan dibuat salah sasaran.

Siapakah yang memimpin mereka sehingga mereka salah sasaran :

1. (Mat 24:5) Disesatkan oleh orang-orang yang mengaku Mesias, melalui ajaran-ajaran yang mereka berikan. Kita dapat membedakan nya melalui Roh Allah yang hidup di dalam kita

2. (Mat 24:11) Disesatkan oleh nabi palsu. Mereka menempatkan diri mereka sebagai juru bicara yang seolah-olah dari Allah. Kita dapat mengenalinya melalui firman yang disampaikan, apakah tidak keluar dari alkitab, atau apakah ada hal-hal lain yang diberitakan di luar alkitab. (Gal 1:6-7) Ada orang yang ingin memutar-balikan injil Kristus. Ada injil lain yang diberitakan sehingga membuat orang bingung dan berbalik

3. Disesatkan oleh tanda-tanda dan mujizat palsu. Kita harus berhati-hati saat melihat mujizat, jangan sampai mujizat itu menjadi tuhan yang kita sembah melebihi Tuhan sendiri.

Arti penyesatan lainnya : Dipaksa untuk keluar dari jalan yang benar. Hal ini bisa terjadi melalui budaya / kebiasaan-kebiasaan yang dipaksakan untuk kita lakukan karena dilakukan oleh banyak orang.

Kemurtadan

Kemurtadan dalam bahasa aslinya memiliki arti tersandung.

(Mat 11:2-6) Di akhir hidupnya, Yohanes Pembaptis seolah-olah menolak Yesus, karena ia kecewa dengan keadaannya. Kemudian Yesus mengingatkannya kembali akan semua yang sudah terjadi. Saat terjadi perbedaan antara kenyataan dengan iman dan harapan, jangan sampai kita tersandung dan menjadi murtad.

(Mat 13:18-21) Murtad juga dapat terjadi karena Firman Tuhan yang tidak berakar. Ini bisa terjadi apabila kita menerima Firman Tuhan hanya sebagai pemuas pengetahuan kita saja. Tidak ada pengalaman pribadi akan firman itu dengan Tuhan di dalamnya.

(Yak 2:10) Orang juga bisa tersandung karena ia dengan sengaja mengabaikan satu bagian dari firman Allah

Penyesatan dan Kemurtadan ini harus kita waspadai agar kita dapat bertahan sampai pada kesudahan. Supaya kita tidak tersesat, kita perlu

  1. Penuh Roh Kudus
  2. Firman Allah yang diurapi, untuk direnungkan dan dilakukan
  3. Saling bergandeng tangan, aktif berkomunitas. Jangan lepaskan pergaulan dengan saudara seiman.

Amin, Tuhan Yesus memberkati.